Begini 5 Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui oleh - peluangbisnisku.net

Halo sahabat selamat datang di website peluangbisnisku.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Begini 5 Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Ajaib.co.id – Jangan sepelekan asuransi kendaraan. Karena perlindungan tersebut memberikan beragam manfaat. Dan, cara daftar asuransi kendaraan juga mudah. Informasi ini wajib diketahui pemilik kendaraan bermotor.

Asuransi kendaraan merupakan perlindungan untuk kendaraan bermotor. Jika terjadi hal buruk pada mobil nasabah, perusahaan asuransi yang akan menanggungnya. Di Indonesia, umumnya terdapat dua jenis produk asuransi kendaraan, yaitu asuransi mobil all risk/komprehensif dan Total Loss Only (TLO).

Komprehensif

Asuransi kendaraan bertipe komprehensif akan memberikan jaminan atau menanggung klaim jika kendaraan mengalami kerusakan ringan maupun berat, terbakar, mengalami perampasan, atau pencurian. Jadi seandainya mobil tergores sedikit, kamu bisa mengajukan klaim asuransi.

Selain itu, asuransi kendaraan ini memiliki manfaat perlindungan jiwa. Bila nasabah meninggal dunia, maka ahli waris akan memperoleh uang pertanggungjawaban. Namun ahli waris harus membawa dokumen sesuai syarat yang tercantum.

Mengingat asuransi ini menanggung berbagai macam risiko, maka preminya lebih mahal dari TLO.

TLO

Jenis asuransi mobil TLO memberikan perlindungan jika kamu mengalami kehilangan atau kerusakan total kendaraan berdasarkan risiko yang tertulis di polis. Yang perlu diperhatikan, nilai kerusakan atau kerugian kendaraan harus sama atau di atas 75 persen dari harganya.

Jika pengajuan klaim kurang dari 75 persen, pihak asuransi akan menolak membayarnya. Meski demikian premi TLO lebih murah dibanding tipe komprehensif. 

Namun baik komprehensif maupun TLO, biasanya tidak menanggung kendaraan jika mengalami kerusakan akibat bencana alam (banjir, badai, gempa bumi, tsunami, dan lainnya), kerusuhan, terorisme, huru-hara, hingga Third Party Liabilities (TPL).

Jika ingin asuransi pilihanmu menanggung hal itu semua, kamu bisa mengajukan perluasan perlindungan. Tentu, perluasan tersebut akan menambah biaya untuk asuransi. Biaya perluasan, untuk masing-masing kondisi dikenakan tak lebih dari 0,5 persen dari nilai pokok asuransi.

Manfaat Asuransi Kendaraan

Sekilas asuransi kendaraan hanya membuang biaya. Namun pikirkan sekali lagi. Jika mobil yang kamu kendarai memiliki kinerja bagus, cara kamu mengendarai sesuai ketentuan, dan mematuhi peraturan lalu lintas, tiba-tiba ada mobil lain yang menabrak mobilmu.

Mungkin kamu tidak cedera. Tetapi jika badan mobilmu penyok atau menyebabkan mesin bermasalah, jelas hal itu merugikan. Waktumu bekerja akan terbuang, karena kamu harus bolak balik berurusan dengan penabrak dan pihak bengkel untuk memperbaiki mobil rusak.

Dengan asuransi kendaraan, kamu masih direpotkan dengan penabrak. Karena ia bertanggung jawab karena telah kerugianmu. Namun untuk mobil, serahkan saja ke perusahaan asuransi. Kamu bisa mengajukan klaim dengan kelengkapan dokumen yang telah ditentukan, mengisi formulir, dan foto kondisi kendaraan. Kerusakan mobil akan segera ditangani oleh pihak asuransi.

Hal di atas baru satu manfaat memiliki asuransi kendaraan, memberikan perlindungan. Manfaat lainnya seperti:

  • Menekan biaya perbaikan. Jika tiba-tiba mobil rusak, kamu harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Hal itu sedikit mengganggu biaya kebutuhan harian. Kalau punya asuransi, pihak asuransi yang akan menanggungnya.
  • Mendapatkan fasilitas perawatan. Tak sedikit asuransi yang memberikan fasilitas perawatan pada mobil nasabah. Seperti pengecekan dan perawatan bengkel rekanan, mobil derek, dan layanan pelanggan 24 jam.
  • Memberikan kenyamanan. Harus diakui bahwa fasilitas yang diberikan oleh pihak asuransi membuat nasabah nyaman. Karena nasabah tak perlu pusing ketika mobil bermasalah akibat orang lain (misal terserempet kendaraan lain) atau diri sendiri (misal mobil mogok).
  • Ketenangan pikiran. Sama seperti asuransi jiwa, asuransi kendaraan juga memberikan ketenangan pikiran pada sang pemilik mobil. Karena perusahaan asuransi menjamin kelangsungan kondisi mobil berjalan seperti semula.

Cara Daftar Asuransi Kendaraan

Memiliki asuransi tidaklah sulit saat ini. Karena banyak pilihan produk asuransi dan cara daftar sangat mudah. Buat kamu yang tertarik, inilah cara daftarnya.

Survei Asuransi Kendaraan

Survei beberapa asuransi kendaraan, lalu bandingkan premi dan manfaat yang diberikan kepada mobil nasabah. Perhatikan juga syarat pendaftarannya, apakah pendaftaran bisa diajukan secara daring atau harus mendatangi kantor asuransi.

Bila ada hal-hal yang kurang jelas, hubungi saja layanan pelanggan. Kamu juga bisa konsultasi soal asuransi melalui email, telepon, atau datang langsung ke kantor. Tanyakan detail-detailnya, sehingga mobilmu menerima manfaat asuransi secara maksimal.

Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan. Komprehensif atau TLO. Kamu juga bisa membeli keduanya. Cara membeli asuransi kendaraan untuk mobil baru agar hemat:

  • Beli asuransi berjenis komprehensif selama satu atau dua tahun.
  • Beli asuransi TLO untuk tahun selanjutnya.

Perusahaan Asuransi Terpercaya

Memilih asuransi tak lepas dari status perusahaannya. Oleh karena itu, pilih perusahaan asuransi dengan status telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika kamu menemukan logo OJK pada laman perusahaan, itu artinya perusahaan terpercaya.

Melengkapi Dokumen

Cara daftar yang tak kalah penting adalah melengkapi dokumen. Mulai dari mengisi formulir pendaftaran dari perusahaan asuransi; melampirkan fotokopi atau file KTP, SIM, dan STNK; serta fotokopi NPWP atau SIUP.

Setelah dokumen lengkap diterima oleh pihak asuransi, tunggu satu atau dua hari sehingga perusahaan menyetujui pengajuan mu. Setelah itu, perusahaan akan mengirimkan premi. Cek premi, apakah nilainya sesuai dengan kesepakatan awal atau tidak.

Membayar Premi

Terakhir, kamu wajib membayar premi. Manfaatkan promo atau diskon asuransi. Biasanya, beberapa perusahaan asuransi memiliki promo, misal nasabah membayar dengan kartu kredit atau menggunakan kartu bank tertentu.

Mudah, kan, mendaftar asuransi kendaraan? Karena asuransi membutuhkan biaya, sebaiknya lakukan pengelolaan keuangan dengan rinci. Mulai dari biaya kehidupan sehari-hari, dana hiburan, dan menabung. Untuk referensi pengelolaan keuangan, kamu bisa cek di Ajaib.

Itulah tadi informasi mengenai Begini 5 Cara Daftar Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui dan sekianlah artikel dari kami peluangbisnisku.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments